Sport

Malaysia langsung pecat pelatih Karena Gagal tembus perempat final Piala AFC U-16

Lagoinews.id – Kegagalan timnas Malaysia U-16 menembus perempat final Piala AFC U-16 2018, Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) langsung menggelar evaluasi. Hasilnya, FAM memutuskan untuk memecat pelatih Lim Teong Kim hanya tiga jam setelah dipastikan tersingkir.

FAM tampaknya sangat kecewa dengan kegagalan Timnas Malaysia U-16 melaju ke perempat final Piala AFC U-16 2018 demi membuka jalan mendapat tiket berlaga di Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

Sejak awal, target bermain di Piala Dunia U-17 tahun depan sudah diapungkan. Alhasil, kegagalan melaju ke perempat final membuat Teong Kim dianggap gagal memenuhi target itu.

Sekjen FAM, Stuart Ramalingam, menjelaskan keputusan itu berdasarkan keputusan dan arahan Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin. “Keputusan dibuat berdasarkan pencapaian timnas yang tersingkir di fase penyisihan grup,” kata Stuart.

Presiden FAM lantas memanggil pihak-pihak terkait termasuk Direktur Teknik FAM untuk bertemu dan membahas kandidat pelatih anyar Timnas Malaysia U-16.

Di sisi lain, Stuart menjelaskan FAM pada dasarnya tak memiliki kontrak dengan Lim Teong Kim. Kontrak Teong Kim tercatat dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (KBS) melalui Dewan Olahraga Nasional (MSN).

“Kekuatan FAM terbatas pada penunjukan pelatih kepala dan staf asisten pelatih, tapi Lim Teong Kim masih memiliki kontrak dengan yang mempekerjakannya. Terserah KBS untuk menentukan masa depan Teong Kim,” tutur Stuart.

Sebagai catatan, Timnas Malaysia yang tampil di Piala AFC U-16 2018 sudah disiapkan setidaknya selama empat tahun terakhir. Mayoritas pemain di timnas U-16 saat ini merupakan jebolan Program Pembangunan Bolasepak Negara (NFDP) yang dijalankan dengan dana ratusan juta ringgit sejak empat tahun lalu.

Timnas Malaysia U-16, yang berstatus tuan rumah Piala AFC U-16 2018, tersingkir karena jadi juru kunci Grup A dengan mengoleksi tiga poin. Thailand juga mengumpulkan poin sama, namun berada di posisi ketiga, unggul head to head dari Malaysia.

Malaysia dan Thailand sama-sama tersingkir dari Grup A setelah kalah di matchday ketiga Grup A, Kamis (27/9/2018). Timnas Malaysia U-16 kalah 0-2 dari Jepang sedangkan Thailand secara dramatis kalah 1-2 dari Tajikistan.

Jepang melaju ke perempat final Piala AFC U-16 2018 dengan status juara grup (poin tujuh), didampingi Tajikistan yang jadi runner-up dengan koleksi poin empat.

 

Share:

Leave a reply