BeritaTechnologi

Yang Melanggar Akan Ditilang, CCTV Intai Pelanggar Lalu Lintas di Makassar

Lagoinews.id¬†–¬†Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulsel bakal memasang 100 unit kamera CCTV untuk menerapkan sistem tilang elektronik berbasis kamera atau electronic traffic law enforcement (ETLE).

Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol Agus Wijayanto mengatakan, CCTV ini merupakan gabungan dari Ditlantas Polda Sulsel bersama Polrestabes Makassar dan juga Pemkot Makassar. Wali Kota Makkassar, kata dia, mendukung penuh jalannya program ini.

“Rencana akan ada 100 CCTV yang akan kita gunakan untuk itu. Nanti kita pasang secara bertahap,” bebernya, Selasa (04/12/2018).

Ratusan CCTV ini bakal disebar di beberapa ruas jalan di Makassar. Hanya saja, untuk penentuan lokasinya masih dalam tahap pemantapan survei lokasi.

ETLE atau tilang kamera ini bakal diterapkan bulan ini. Dengan prosedur bukti rekaman kamera, pengendara yang melanggar akan ditindaki.

“Setiap pelanggaran ada bukti CCTV-nya, otomatis kita foto dan akan ditindaki sesuai mekanisme tilang,” terangnya.

Pelanggar yang tertangkap kamera, lanjut dia, akan dianalisa petugas untuk menentukan validitas pelanggaran.

Selanjutnya, petugas akan memblokir STNK pelanggar dan mengirimkan informasi pemblokiran tersebut. Disertai bukti pelanggaran dan kode pembayaran denda.

Pelanggar akan diberi tenggat waktu membayar denda via ATM. Setelah pembayaran dilakukan, maka petugas akan membuka blokiran STNK.

“Insya Allah, bulan ini ada pemberlakuan untuk itu (ETLE),” akunya.

Share:

Leave a reply